Search

Barcelona Bukan Lagi Raja dalam Penguasaan Bola

INILAHCOM, Glasgow - Barcelona dikenal sebagai rajanya dalam penguasaan bola. Tapi, julukan tersebut tak lagi milik Barcelona.

Ketika masih dilatih Pep Guardiola, Barcelona dikenal dengan penguasaan bola yang menyulitkan lawan dalam merebut bola. Ketika itu, Blaugrana diperkuat pemain-pemain yang memang memiliki kemampuan menguasai bola, seperti Lionel Messi, Andres Iniesta, dan Xavi Hernandez.

Seiring berjalannya tahun dan pergantian pelatih, Barcelona memang masih kental dengan penguasaan bola dan gaya tiki-taka. Tapi, tidak sama dengan era Guardiola.

Sebuah studi yang dilakukan CIES Football Observatory, saat ini Barcelona hanya duduk di peringkat tujuh terkait penguasaan bola dengan 64,1 persen atau rata-rata melepaskan 612 umpan tiap pertandingan.

Saat ini posisi pertama ditempati Glasgow Celtic dengan 70,8 persen penguasaan bola atau 659 umpan tiap pertandingan. Posisi dua ditempati Borussia Dortmund dengan 70,2 persen, diikuti PSG (67,7 persen), Shakhtar Donetsk (67,6 persen), dan Manchester City (67,1 persen).

Melengkapi posisi 10 besar adalah Hapoel Beer Sheva (65,3 persen), Barcelona (64,1 persen), Steaua Bukarest (64,1 persen), Salzburg (64 persen), dan PAOK (64 persen).

Sumber: Sport

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Barcelona Bukan Lagi Raja dalam Penguasaan Bola : http://ini.la/2407387

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Barcelona Bukan Lagi Raja dalam Penguasaan Bola"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.