Search

Trofi Apa yang Pernah Diraih Mourinho Bersama MU?

INILAHCOM, Jakarta - Jose Mourinho sudah tidak lagi melatih Manchester United terhitung pekan ini. Selama dua setengah musim ia pernah sejumlah trofi baik di level domestik maupun Eropa, apa saja itu?

Mourinho harus angkat kaki dari United setelah manajemen klub memecatnya, Selasa (18/12/2018) kemarin. Hasil mengecewakan yang diraih MU sepanjang paruh pertama musim 2018-19 menjadi penyebabnya.

Di Liga Premier Inggris, hingga pekan ke-16 MU masih kesulitan menembus empat besar. Mereka berada di urutan enam dengan nilai 26 hasil dari tujuh menang, lima imbang serta lima kalah. United kini berjarak 19 poin dari Manchester City di puncak klasemen, dan berselisih 11 poin dari Chelsea di zona Liga Champions.

Meskipun mampu meloloskan Setan Merah ke babak 16 besar Liga Champions Eropa 2018-19, catatan United sepanjang fase grup bisa dibilang tak terlalu istimewa. Dari enam pertandingan mereka mengumpulkan 10 poin hasil dari tiga kemenangan, dua kalah dan sekali imbang. The Red Devils finis sebagai runner-up di bawah Juventus yang mengumpulkan 12 poin.

Diluar capaian kurang mengesankan MU musim ini, Mourinho pernah menghadirkan tiga trofi selama dua setengah musim masa kepelatihannya. Resmi ditunjuk sebagai pelatih baru MU di awal musim 2016-17, Mou meraih trofi perdananya dengan menjuarai Community sheild 2016.

Jumpa Leicester City yang menyandang status sebagai juara Liga Premier Inggris 2015-16, MU yang menjuarai Piala FA 2015-16 menang tipis 1-2 dalam laga yang berlangsung di Stadion Wembley pada 7 Agustus 2016.

Juara Community Shield mencuatkan harapan Mou bakal mempersembahkan trofi domestik yang sudah lama dinantikan, juara Liga Premier Inggris. Sayangnya, musim perdana pelatih yang menjuluki dirinya The Special One tak berjalan mulus.

Di akhir musim 2016-17 mereka finis di urutan enam dengan total nilai 69 terpaut 24 poin dari Chelsea yang jadi kampiun. Hasil tersebut memastikan The Red Devils gagal meraih tiket ke Liga Champions Eropa dan harus berlaga di Liga Europa musim berikutnya. Namun demikian, MU dapat pelipur lara usai menjuarai Piala Liga Inggris 2016-17.

MU memastikan gelar Piala Liga Inggris kelima dalam sejarah klub setelah di final menang tipis 3-2 atas Southampton pada 26 Febuari 2017.

Tak hanya itu, Mou juga untuk pertama kalinya membawa MU menjuarai Liga Europa. Di laga final, Setan Merah mampu mengalahkan wakil Belanda, Ajax Amsterdam dengan skor 2-0 di Friends Arena, Solna, Swedia pada 24 Mei 2017.

Menginjak musim kedua di MU, Mou dituntut bisa menghadirkan gelar juara liga dan Liga Champions Eropa seperti yang pernah ia lakukan di klub-klub sebelumnya.

Faktanya, Mourinho kembali gagal mewujudkan target yang dibebankan klub. Di akhir musim 2017-18, MU berada di peringkat dua dengan mengemas 81 poin, terpaut 19 angka dari Manchester City yang meraih gelar juara di bawah asuhan Pep Guardiola.

Sedangkan di kompetisi Eropa, MU tersingkir di babak 16 besar Liga Champions Eropa usai dikalahkan Sevilla dengan skor agregat 1-2.

Bila melihat capaian Mou selama melatih MU, wajar bila manajemen klub memecatnya. Apalagi klub sudah mengeluarkan dana fantastis hingga 6,59 triliun Rupiah untuk mendatangkan pemain yang diinginkan mantan pelatih Inter Milan dan Chelsea itu.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Trofi Apa yang Pernah Diraih Mourinho Bersama MU? : https://ift.tt/2Btp37j

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Trofi Apa yang Pernah Diraih Mourinho Bersama MU?"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.