Search

Jepang 'Selamatkan' Sepakbola Asia di Rusia 2018

INILAHCOM, Jakarta - Asia akhirnya punya wakil di fase gugur Piala Dunia 2018 setelah Jepang melaju dari babak penyisihan melewati Senegal.

Asia mendapat jatah lima slot di putaran final Piala Dunia 2018 yang masing-masing diisi oleh Australia (ranking 36 dunia), Iran (ranking 37 dunia), Jepang (ranking 61 dunia), Arab Saudi (ranking 67 dunia) dan Korea Selatan (ranking 57 dunia).

Hasil undian fase grup menempatkan Mesir dan Arab Saudi di Grup A, Iran di Grup B, Australia di Grup C, dan Jepang di Grup H.

Mesir dan Arab Saudi menjadi negara Asia pertama yang dipastikan tersingkir dari Piala Dunia 2018. Keduanya belum mampu meraih poin sampai laga kedua.

Di akhir babak penyisihan, Arab Saudi berada di posisi tiga dengan mengemas nilai tiga hasil kemenangan 2-1 atas Mesir di laga pamungkas Grup A.

Iran harus mengubur impian mereka melaju ke babak 16 besar setelah di laga krusial jumpa Portugal mereka bermain imbang 1-1. Performa skuad asuhan Carlos Queiroz tidak terlalu buruk. Mereka bisa menang dari Maroko dan hanya kalah tipis dari Spanyol 0-1.

Sedangkan Australia harus menyudahi fase grup berada di posisi terbawah Grup C dengan nilai satu hasil sekali imbang dan dua kali kalah. Socceroos kalah dari Prancis 1-2 dan Peru 2-0, sedangkan satu-satunya poin mereka didapat setelah berimbang 1-1 melawan Denmark.

Jepang menjadi penyelamat wajah Asia di ajang paling bergengsi sepakbola dunia itu. Samurai Biru sempat mengalahkan Kolombia di laga pembuka.

Namun, mereka kemudian ditahan imbang 2-2 oleh Senegal di laga kedua. Nasib Jepang ditentukan laga melawan Polandia, Kamis (28/6/2018) malam WIB. Makoto Hasebe dan kawan-kawan harus menang atau minimal imbang jika ingin lolos, tapi dengan catatan Senegal tak kalah dari Kolombia.

Publik Jepang dibuat harap-harap cemas Polandia unggul 0-1 berkat gol Jan Bednarek di menit ke-59, sedangkan di laga lainnya Kolombia dan Senegal masih bermain imbang tanpa gol. Situasi tersebut membuat posisi Jepang sementara melorot ke urutan tiga.

Harapan Jepang membuncah setelah Yerry Mina membobol gawang Senegal di menit ke-75. Sampai akhir skor 0-1 tak berubah.

Usai dua laga tersebut, Kolombia dipastikan menjadi juara grup karena mengemas nilai enam hasil dua kemenangan serta sekali kalah. Lalu, bagaimana dengan runner-up?

Jepang meraih status juara grup setelah mereka punya catatan aspek Fair Play lebih baik dalam perolehan kartu kuning. Jepang memperoleh empat kartu kuning sepanjang fase grup, lebih sedikit daripada Senegal yang mengumpulkan enam kartu kuning.

Lolosnya Jepang ke babak 16 besar menyelamatkan wajah sepakbola Asia tahun ini, pasalnya di Piala Dunia 2014 tak satupun negara Asia menembus fase gugur.

Semoga Jepang bisa membuat kejutan di babak selanjutnya!

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Jepang 'Selamatkan' Sepakbola Asia di Rusia 2018 : https://ift.tt/2KtvDhr

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jepang 'Selamatkan' Sepakbola Asia di Rusia 2018"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.