Search

LIB Belum Siap Pakai VAR di Liga 1, Apa Alasannya?

INILAHCOM, Jakarta - PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) masih keberatan dengan rencana penggunaan Video Assistant Referee (VAR) di Liga 1 2019. Apa alasannya?

Rencana menggunakan VAR dalam pertandingan Liga 1 2019 pertama kali dimunculkan oleh PSSI. Federasi menyebut langkah tersebut perlu dilakukan untuk menjaga kualitas kompetisi musim ini.

Penggunaan VAR mencuat setelah banyaknya ketidakpuasaan terhadap kinerja wasit di Liga 1 yang kerap membuat keputusan kontroversial. Terbaru, di pekan ketiga Liga 1 2019 yang mempertemukan Arema FC dan Persela Lamongan, wasit Dwi Susilo mendapat kecaman dari kedua pelatih tim karena dinilai keputusannya merugikan.

Namun, penggunaan VAR di Liga 1 2019 bakal sulit terealisasi. Pasalnya, PT LIB selaku operator liga tidak bisa terburu-buru karena masih banyak hal yang perlu dipersiapkan.

"Kami kemarin malam sempat rapat Exco untuk menjajaki kemungkinan penggunaan VAR. Tapi prosesnya memang tidak mudah, yang pertama kualifikasi wasit, infrastruktur di stadion memungkinkan atau tidak. Banyak hal yang harus dibicarakan. Memang perkiraan kami dengan syarat yang ada paling cepat kalau normal kami bisa menerapkan sampai 2021," kata Direktur Utama Interim PT LIB, Dirk Soplanit, kepada pewarta.

Sambil memenuhi persyaratan penggunaan VAR, PT LIB berusaha memperbaiki kinerja wasit di lapangan. Menurut Dirk, pemakaian VAR di Liga 1 2019 tidak menjamin permasalahan selesai karena masih dibutuhkan pembelajaran bagi wasit serta melengkapi fasilitas penunjuang stadion.

"Tetapi dengan model seperti begini, bukan VAR tapi ada alat kontrol yang misalnya ada kejadian yang menjurus kontroversi, ya pakai alat rekaman atau apa yang bisa digunakan. Tapi ini masih dibicarakan, paling bertahap lah, soalnya infrastruktur tak murah," ia menambahkan.[rza]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan LIB Belum Siap Pakai VAR di Liga 1, Apa Alasannya? : http://bit.ly/2WqT04p

Bagikan Berita Ini

0 Response to "LIB Belum Siap Pakai VAR di Liga 1, Apa Alasannya?"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.