Search

9 Fakta Menarik Jelang Final Liga Europa

INILAHCOM, Jakarta - Chelsea dan Arsenal akan berhadapan di final Liga Europa 2018-19. Ini merupakan pertemuan perdana kedua tim di final kompetisi Eropa. Berikut sembilan fakta menarik jelang pertandingan tersebut.

Final Liga Europa 2018-19 akan berlangsung di Stadion Olympia Baku, Azerbaijan, Kamis (30/5/2019) dini hari WIB. Bagi kedua tim ini merupakan kesempatan terakhir meraih trofi di musim ini.

Arsenal sangat berambisi meraih trofi Liga Europa karena ini jalan satu-satunya jika ingin tampil di Liga Champions Eropa. Meriam London gagal memastikan tiket ke Liga Champions Eropa dari jalur liga, sebab mereka tak mampu finish di empat besar.

Sementara bagi The Blues, apapun hasil akhir final ini tidak memengaruhi lolos tidaknya ke Liga Champions Eropa karena sudah memastikan satu tiket dari jalur liga. Namun, gelar juara Liga Europa diyakini bakal jadi kado perpisahan manis bagi Eden Hazard dan Maurizio Sarri yang bakal hengkang dari Stamford Bridge.

The Gunners kembali tampil di final untuk pertama kalinya setelah 13 tahun, terakhir Meriam London tampil di final Liga Champions Eropa 2006. Saat itu, mereka kalah 1-2 dari Barcelona di final. Sedangkan bagi Chelsea ini merupakan final Liga Europa kedua dalam kurun waktu enam tahun terakhir. Mereka pernah jadi kampiun Liga Europa pada 2013 lalu.

Berikut sembilan fakta menarik jelang final Liga Europa 2018-19

10 - Penyerang Chelsea Olivier Giroud akan menghadapi mantan klubnya di final sebagai top skorer bersama di kompetisi tahun ini dengan penyerang Eintracht Frankfurt Luka Jovic. Penyerang Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang punya delapan gol.

32 - Jumlah gol Chelsea di Liga Europa musim ini, hanya tertinggal lima gol dari rekor milik Porto di musim 2010/2011. Sementara Arsenal mengoleksi 29 gol sejauh ini.

11 - Jumlah kemenangan masing-masing tim di 14 pertandingan Liga Europa musim ini. Chelsea dalam laju tak terkalahkan, dengan tiga hasil imbang termasuk di dua laga semifinal dengan Eintracht Frankfurt.

5 - Finis posisi lima di Premier League berarti kemenangan di Baku adalah satu-satunya jalan Arsenal untuk ke Liga Champions musim depan.

3 - Unai Emery mencatatkan hat-trick titel Liga Europa bersama Sevilla sebelum pindah ke London.

0 - Jumlah kemenangan Arsenal di enam pertemuan melawan sesama tim Inggris di kompetisi Eropa. Mereka mencatatkan dua hasil imbang dan empat kekalahan termasuk kekalahan agregat dari Chelsea di Liga Champions 2003/2004: berimbang 1-1 lalu kalah 1-2 karena gol Wayne Bridge di Highbury.

560 - Jumlah gol di kompetisi musim ini dalam 204 pertandingan. Tercipta satu gol setiap 32 menit.

2 - Ini baru kedua kalinya All-English final terjadi di final Liga Europa atau Piala UEFA. Tottenham Hotspur mengalahkan Wolverhampton Wanderers 3-2 secara agregat di final dua leg pada 1972.

3 - Di era Liga Europa, ini merupakan ketiga kalinya final mempertemukan klub dari negara yang sama. Porto mengalahkan Braga 1-0 di 2011 dan Atletico Madrid menaklukkan Athletic Bilbao 3-0 di tahun berikutnya.[rza]

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan 9 Fakta Menarik Jelang Final Liga Europa : http://bit.ly/2Xeo5Wa

Bagikan Berita Ini

0 Response to "9 Fakta Menarik Jelang Final Liga Europa"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.