Search

Jepang, Juara di Hati Warga Dunia

INILAHCOM, Jakarta - Timnas Jepang gagal melangkah ke babak perempatfinal usai dikalahkan secara dramatis oleh Belgia. Kendati demikian, timnas Jepang tetap juara di hati warga dunia.

Memainkan babak 16 besar Piala Dunia 2018, Selasa (3/7/2018) dini hari WIB, Jepang yang diatas kalah kelas dari Belgia mampu memberikan terapi kejut di awal babak kedua. Tim Samurai Biru mampu unggul 0-2 dalam kurun waktu lima menit.

Sayang, skuad asuhan Akira Nishino harus mengakui mentalitas kuat Belgia dan kecerdikan mereka memanfaatkan terbukanya barisan belakang. The Red Devils mampu bangkit dan berbalik unggul 3-2. Eden Hazard dan kawan-kawan berhak melaju ke perempatfinal, sedangkan Jepang harus tersingkir.

Meski tersingkir, Jepang bisa pulang dengan kepala tegak serta meninggalkan sepenggal cerita menginsipirasi pecinta sepakbola dan warga dunia di Rusia 2018.

Selain jadi satu-satunya wakil Asia di fase gugur Piala Dunia 2018, aksi fans dan timnas Jepang juga menjadi pembicaraan ramai warga dunia.

Fans Jepang menyita perhatian lewat aksi bersih-bersih stadion di setiap akhir pertandingan tanpa peduli hasil akhir yang diraih negara mereka.

Aksi serupa juga ditiru para pemain dan staf pelatih timnas Jepang. Mereka membersihkan ruang ganti pemain seperti awal sebelum mereka menggunakannnya. Tak sampai disitu, mereka juga meninggalkan pesan perpisahan kepada tuan rumah bertuliskan 'terima kasih' dalam bahasa Rusia.

Foto situasi ruang ganti Jepang yang sudah dibersihkan viral di media sosial. Warganet ramai-ramai mengapresiasi sikap dan rasa hormat timnas Jepang.

"Saya sangat menyukai etika orang Jepang," tulis akun @EniAlu.

"Saya menyukai ini! Saya bukan hanya mengapresiasi fakta bersih-bersih mereka tetapi mereka tetap menjaga nilai-nilai mereka meski dalam situasi mengecewakan," tulis akun @IbunkunOg.

"Tim luar biasa. tentu saja ini menjadi salah satu momen paling diingat di turnamen ini, untuk banyak alasan," tulis akun @Concierge_ryan.

Sampai berita ini diturunkan, foto yang dibagikan akun @tancredipalmeri sudah di-like lebih dari 13 ribu kali dan lebih dari 6 ribu retweets.

Jepang memberi pelajaran berharga bahwa 'kemenangan' tidak selalu diidentikan dengan mengangkat trofi atau berkalung medali emas. Menjalankan nilai luhur di manapun berpijak meninggalkan kesan mendalam bagi semua orang bukan hanya di Rusia tetapi di dunia.

Arigato Nippon!

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Jepang, Juara di Hati Warga Dunia : https://ift.tt/2lT0QjG

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jepang, Juara di Hati Warga Dunia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.