Search

Road to Final: Real Madrid

INILAHCOM, Jakarta - Real Madrid kembali mencapai final Liga Champions Eropa untuk ketiga kalinya secara beruntun. Musim ini, perjalanan mereka ke final terbilang tak mulus.

Fase Grup

Berstatus sebagai juara bertahan, Real Madrid berada di pot satu sebagai tim unggulan dalam undian fase grup. Hasil undian menempatkan mereka di Grup H bersama Tottenham Hotspur, Borussia Dortmund dan APOEL.

Madrid awalnya diprediksi bisa melewati fase penyisihan sebagai juara grup. Fakta berkata lain. Di putaran pertama, Madrid berhasil meraih dua kemenangan atas APOEL (3-0) dan Dortmund (1-3), serta ditahan imbang oleh Tottenham (1-1) di Santiago Bernabeu.

Di paruh kedua, Spurs mulai mengancam posisi Madrid di puncak klasemen Grup H. Apalagi The Lily White mampu mengalahkan Los Blancos 3-1 di London. Setelah itu, Madrid bisa menang besar 0-6 dari APOEL dan menang tipis 3-2 dari Dortmund.

Kendati demikian, Madrid harus puas menyudahi fase grup sebagai runner-up di bawah Spurs di posisi juara grup dengan keunggulan tiga poin (16).

16 Besar

Hasil undian babak 16 besar mempertemukan Madrid dengan tim kuat Prancis, Paris Saint-Germain (PSG), yang tampil impresif sepanjang fase grup.

Terlebih dulu menjamu PSG di Santiago Bernabeu pada 14 Februari 2018, Madrid menang 3-1. Sempat kecolongan terlebih dulu lewat gol Adrien Rabiot di menit ke-33, Madrid bangkit dan berbalik unggul berkat suntingan dua gol Cristiano Ronaldo lewat titik penalti di menit ke-45 dan 83 serta gol Marcelo di menit ke-85.

Berbekal kemenangan di leg pertama, Madrid percaya diri saat bertamu ke Parc des Princes pada 6 Maret 2018. Gol Ronaldo di menit ke-51 menjadikan Madrid semakin di atas angin karena sementara mereka unggul agregat 4-1. Les Parisiens menyamakan skor berkat gol Edinson Cavani di menit ke-71. Namun, gol Casemiro di menit ke-80 menjadikan skor akhir 1-2 untuk kemenangan El Real.

Madrid lolos ke perempatfinal berkat keunggulan agregat 5-2 atas PSG yang di akhir musim 2017-18 memastikan tiga gelar juara domestik.

Perempatfinal

Di perempatfinal, Madrid harus jumpa tim papan atas Italia, Juventus, yang di 16 besar menyingkirkan Tottenham Hotspur (agg 4-3). Ini merupakan partai ulangan final 2016-17 saat itu Madrid menang telak 4-1.

El Real terlebih dulu bertamu ke Allianz Arena Turin pada 3 April 2018. Gol cepat Ronaldo di menit ketiga menjadi awal pesta gol Madrid. Setelahnya Ronaldo kembali membobol gawang Gianluigi Buffon di menit ke-64 dengan sebuah tendangan salto sensasional. Gol Marcelo di menit ke-72 menjadikan skor akhir 0-3 bagi Madrid.

Berbekal keunggulan tiga gol tandang Madrid memainkan laga kandang pada 11 April. Drama terjadi, I Bianconeri tampil menggila dengan membobol Keylor Navas tiga gol dalam waktu 61 menit masing-masing dicetak Mario Mandzukic (2', 37') dan Blaise Matuidi (61').

Agregat pun jadi imbang 3-3. Dalam situasi ini, Madrid hanya butuh satu gol untuk memastikan diti ke semifinal. Benar saja, pelanggaran Medhi Benatia kepada Lucas Vazquez membuat wasit menunjuk titik putih di masa injury.

Keputusan wasit sempat diprotes keras oleh pemain Juve, termasuk kiper Gianluigi Buffon yang harus menerima kartu merah. Ronaldo yang maju sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya. Skor akhir 1-3 menjadikan agregat 4-3 bagi kemenangan El Real.

Semifinal

Madrid lagi-lagi harus bertemu lawan kuat di semifinal, kali ini mereka jumpa juara Bundesliga Jerman 2017-18, Bayern Munchen.

Laga ini mengulang catatan musim 2016-17, saat itu El Real menang dengan agregat 6-3.Fakta berulang, di leg pertama yang berlangsung di Allianz Arena pada 25 April 2018, Madrid menang 1-2 berkat gol Marcelo (44') dan Marco Asensio (57'), sedangkan satu gol tuan rumah dicetak Joshua Kimmich (28').

Meski menang di leg pertama, langkah Madrid belum sepenuhnya aman. Main di Santiago Bernabeu mereka dibuat was-was setelah Kimmich bisa mencetak gol cepat di menit ketiga.

Namun, Los Blancos bangkit dan berbalik unggul berkat dua gol Karim Benzema di menit ke-11 dan menit ke-46 memanfaatkan bluder kiper Sven Ulreich. Munchen bisa menyamakan kedudukan di menit ke-63 berkat gol James Rodriguez. Hasil tersebut menjadikan agregat 4-3 untuk kemenangan El Real.

Final

Di final yang akan berlangsung di NSC Olimpyskiy Stadium, Minggu (27/5/2018) dini hari WIB, Madrid akan jumpa Liverpool. Ini mengulang final 1981. Saat itu, Liverpool berhasil keluar sebagai juara kompetisi yang masih bernama Piala Champions.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Road to Final: Real Madrid : https://ift.tt/2x6F5Fg

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Road to Final: Real Madrid"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.