Search

10 Hal yang Bisa Jadi Penentu Hasil di Final

INILAHCOM, Jakarta - Real Madrid dan Liverpool akan beradu taktik di final Liga Champions Eropa 2017-18, Minggu (27/5/2018) dini hari WIB. Terlepas dari faktor keberuntungan, 10 hal berikut bisa menjadi kunci penentu hasil akhir. Apa saja?

1. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo masih jadi andalan Real Madrid dalam urusan membobol gawang lawan. Sejauh ini, ia sudah mencetak 15 gol dan berpeluang menjadi topskorer jika mampu membobol gawang Liverpool di final.

Meskipun tidak mencetak gol saat semifinal melawan Bayern Munchen, Ronaldo punya catatan bagus selalu mencetak gol di final.

2. Mohamed Salah

Jika Real Madrid punya Ronaldo, Liverpool punya Mohamed Salah. Bersama Sadio Mane dan Roberto Firmino mereka sudah mencetak 29 gol di Liga Champions Eropa musim ini.

Salah akan jadi perhatian utama pemain bertahan El Real, pasalnya ia selain mencetak gol pemain kebangsaan Mesir itu juga punya insting tajam memberikan assist bagi pemain lainnya.

3. Kiper

Penjaga gawang kedua tim jadi titik paling krusial, mereka menjadi orang terakhir sebelum bola masuk ke gawang. Sejauh ini, performa Keylor Navas dianggap lebih baik daripada Loris Karius.

Dalam laga semifinal menghadapi Bayern Munchen, Navas tercatat melakukan tiga penyelamatan gemilang.

Sementara itu, mantan bek Liverpool, Mark Lawrenson, menyebut Karius kerap membuat kesalahan yang merugikan timnya. "Dia (Karius) membuat banyak kesalahan dan punya kebiasaan membuat banyak momen berbahaya," ujarnya.

4. Marcelo

Marcelo merupakan ancaman yang perlu diwaspadai lini belakang Liverpool. Sepanjang fase gugur, sisi sayap kiri Madrid menjadi yang paling banyak melepaskan assists (3).

Namun, Liverpool bisa mengeksploitasi sisi kiri Madrid dengan mengandalkan serangan balik cepat.

5. Penguasaan Bola

Di babak semifinal, kedua tim tak pernah unggul dalam penguasaan bola namun selalu bisa meraih hasil positif. Situasinya akan berbeda di final, tim yang bisa menguasai bola lebih lama punya peluang sedikit lebih besar memenangkan pertandingan.

6. Ritme Pertandingan

Liverpool kemungkinan besar akan berusaha memperlambat ritme permainan Madrid sambil melihat celah untuk melakukan serangan balik cepat dari sisi sayap.

Tiga pemain Madrid yang bakal memainkan peran penting dalam mengatur ritme permainan antara lain Toni Kroos, Luka Modric dan Isco.

7. Gareth Bale

Performa Gareth Bale memang kurang impresif musim ini, namun Bale bisa menjadi senjata rahasia Zinedine Zidane di laga puncak seperti yang ia lakukan melawan Atletico Madrid di musim 2013-14.

8. Lapar Gelar

Gagal di kompetisi domestik, Liga Champions Eropa menjadi incaran utama Real Madrid untuk menutup musim 2017-18 dengan raihan satu trofi. Mereka juga termotivasi memecahkan rekor sebagai tim pertama yang bisa meraih trofi si kuping besar tiga musim beruntun.

Sedangkan Liverpool sudah menanti lama untuk berada di final. Mereka berambis menyudahi puasa gelar selama 13 tahun sekaligus mencatatkan diri sebagai klub Inggris tersukses di kompetisi Eropa.

9. Jurgen Klopp

Jurgen Klopp punya catatan bagus saat jumpa Real Madrid. Saat masih menangani Borussia Dortmund, Klopp pernah mengalahkan Madrid yang dilatih Jose Mourinho 4-1.

Klopp merupakan sedikit pelatih yang diklaim bisa mengeksploitasi kelemahan Madrid. Selain itu, ia berambisi menjuarai Liga Champions Eropa sebagai persembahan pertamanya.

10. Wasit

Faktor wasit sering kali menjadi bumbu-bumbu sebuah pertandingan besar. Keputusan kontroversial seorang wasit terkadang menguntungkan satu pihak. Milorad Mazic akan memikul beban berat di pertandingan final Liga Champions Eropa 2017-18.

Sumber: Marca

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan 10 Hal yang Bisa Jadi Penentu Hasil di Final : https://ift.tt/2IPb1PQ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "10 Hal yang Bisa Jadi Penentu Hasil di Final"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.