Search

Lolos ke Semifinal, Indonesia Jumpa Malaysia

INILAHCOM, Shah Alam - Timnas Indonesia U-22 memastikan diri lolos ke babak semifinal SEA Games 2017 usai mengalahkan Kamboja 2-0 di laga terakhir Grup B. Di semifinal, Indonesia akan jumpa Malaysia sebagai juara Grup A.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Shah Alam, Kamis (24/8/2017) sore WIB, Indonesia yang butuh kemenangan langsung bermain agresif sejak awal babak pertama.

Septian David Maulana melepaskan ancaman pertama di menit ketiga, sepakannya masih bisa diblok kiper Kamboja dan menghasilkan sepak pojok. Lima menit berselang, giliran Saddil Ramdani yang mendapat peluang tetapi bola kembali mampu diblok bek lawan.

Indonesia lebih banyak memaksimalkan alur serangan dari sisi sayap, Gavin Kwan Adsit di sisi kanan serta Osvaldo Haay di sayap kiri. Sayangnya, skuad Garuda Muda kurang kreatifitas saat mendapat bola di area sepertiga lawan.

Sampai menit ke-20, Indonesia belum bisa memecah kebuntuan. Sepakan bebas Septian David di menit ke-24 masih membentur pagar betis Kamboja.

Selepas water break Indonesia masih terus berupaya mencetak gol, tetapi banyaknya pemain lawan yang menumpuk di area pertahanan membuat Evan Dimas dkk kesulitan melakukan penetrasi ke area penalti.

Indonesia mendapat ancaman di menit ke-38. Serangan balik Kamboja diakhiri sepakan jarak jauh Nub Tola yang masih tepat mengarah ke pelukan kiper Kartika Ajie.

Indonesia mendapat peluang bagus di menit ke-45, sepakan voli kaki kiri Evan Dimas di dalam kotak penalti masih melambung tinggi.

Kamboja harus bermain dengan 10 orang setelah Choum Pisa menerima kartu kuning kedua. Tak berselang lama, wasit meniup peluit tanda turun minum.

Di babak kedua, Luis Milla memasukkan Febri Hariyadi menggantikan Osvaldo Haay untuk menambah kekuatan di sisi sayap kiri.

Awal babak kedua, Indonesia langsung menekan. Dua kali umpan silang dari Gavin di menit ke-49 belum menghasilkan gol. Di saat bersamaan, Thailand sementara unggul 2-0 dari Vietnam.

Indonesia melakukan pergantian pemain di menit ke-54 dengan memasukkan Ezra Walian menggantikan Ricky Fajrin. Baru dua menit berada di lapangan, Ezra membuka keunggulan bagi timnas Indonesia.

Berawal dari sepak pojok, bola hasil sapuan pemain Kamboja justru mengenai Evan Dimas yang berada di area penalti. Bola tersebut liar dan langsung disambar Ezra menggunakan kaki kiri yang menghujam sisi kiri gawang Kamboja. 1-0 Indonesia unggul.

Gol tersebut melecut semangat Indonesia untuk mencetak gol susulan. Serangan demi serangan dilancarkan Indonesia, tetapi banyaknya pemain lawan yang berada di area penalti membuat serangan Indonesia kerap mentok.

Publik Stadion Shah Alam bergemuruh di menit ke-69 menyambut gol spektakuler Febri. Pemain Persib Bandung melepaskan sepakan keras dari jarak kurang lebih 20 meter yang bersarang di pojok kanan atas gawang Kamboja. Indonesia unggul 2-0.

Indonesia sebenarnya mempunyai peluang bagus mencetak gol di menit ke-72. Marinus Wanewar gagal mencetak gol padahal gawang Kamboja sudah kosong ditinggal kiper yang keluar terlalu jauh dari gawangnya.

Menit ke-82, Saddil Ramdani tak mau ketinggalan mengancam gawang Kamboja. Mendapat bola sodoran dari Febri, sepakan kaki kiri Saddil masih melambung tinggi.

Wasit memberikan waktu tambahan selama delapan menit menyusul banyaknya waktu terhenti karena insiden cedera. Tidak ada gol sampai peluit panjang dibunyikan.

Namun, seusai laga terjadi keributan yang melibatkan pemain dan staf pelatih kedua tim.

Dengan kemenangan tersebut, Indonesia menjadi runner up Grup B dengan mengemas nilai 11. Mereka akan jumpa Malaysia yang menjadi juara Grup A di semifinal, Sabtu (26/8/2017).

Susunan Pemain

Indonesia (4-2-3-1): Kartika Ajie; Ricky Fajrin (Ezra Walian 54'), Hansamu Yama, Andy Setyo, Gavin Kwan; Hargianto, Evan Dimas; Septian David, Saddil Ramdani, Osvaldo Haay (Febri Haryadi 45'); Marinus Wanewar

Kamboja (4-5-1): Keo Soksela; Soeuy Visal, Choum Pisa, Chheng Meng, Nub Tola; Brak Thiva, Hoy Phallin, Choun Chanchav, Kunthea Ravan, Son Vandeth; Noun Borey.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Lolos ke Semifinal, Indonesia Jumpa Malaysia : http://ini.la/2399983

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Lolos ke Semifinal, Indonesia Jumpa Malaysia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.