Search

Kalahkan Myanmar, Indonesia Raih Medali Perunggu

INILAHCOM, Shah Alam - Timnas Indonesia U-22 berhasil mengamankan medali perunggu di ajang SEA Games 2017 usai mengalahkan Myanmar 3-1.

Dalam pertandingan perebutan medali perunggu di Stadion Selayang, Shah Alam, Selasa (29/8/2017) sore WIB, Indonesia mendikte pertahahan Myanmar di menit-menit awal laga.

Peluang pertama didapat Marinus Wanewar di menit kelima. Sepakan pemain Persipura Jayapura masih belum terlalu membahayakan gawang lawan yang dijaga Sann Sat Niang.

Myanmar mulai merespon permainan Indonesia selepas menit kesepuluh. Mereka melepaskan ancaman di menit ke-15, Aung Thu melakukan penetrasi ke kotak penalti kemudian melepaskan sepakan yang masih membentur tiang gawang.

Tiga menit berselang, Myanmar kembali mengancam gawang Indonesia. Umpan Aung Thu ke area penalti langsung diteruskan oleh Than Paing, namun masih membentur tiang gawang.

Usaha Myanmar membobol gawang Indonesia terwujud di menit ke-23. Mg Mg Lwin melakukan penetrasi ke kotak penalti Indonesia, ia kemudian melepaskan umpan mendatar yang disambut Than Paing dengan sepakan ke tiang dekat untuk menaklukkan Satria Tama. 1-0 Myanmar unggul.

Indonesia punya kesempatan menyamakan skor di menit ke-40. Febri berhasil masuk di sisi kanan kotak penalti Myanmar, ia melepaskan umpan lambung yang masih terlalu tinggi untuk Marinus.

Di masa injury, Indonesia hampir saja menyamakan skor. Tendangan bebas Septian David Maulana menciptakan kemelut di area penalti. Bola rebound tendangan bebas Septian coba dimanfaatkan oleh Hansamu Yama dengan tendangan salto tetapi tidak belum masuk ke gawang. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Tertinggal satu gol di babak pertama, Indonesia langsung berinisiatif menekan di menit awal paruh kedua.

Umpan silang Febri dari sayap kiri dibelokkan sundulan Osvaldo Haay yang masih tinggi dari gawang Myanmar di menit ke-51.

Dua menit berselang, gawang Indonesia mendapat tekanan. Satria Tama kembali melakukan penyelamatan gemilang menggagalkan peluang Aung Thu.

Indonesia mampu menyamakan kedudukan di menit ke-56. Umpan silang Febri dari sayap kiri dijauhkan bek Myanmar. Tetapi, bola jatuh di kaki Evan Dimas di depan kotak penalti, ia mengecoh satu bek lawan kemudian melepaskan sepakan kaki kiri yang berbelok mengenai kaki pemain lawan, bola masuk ke gawang. Skor imbang 1-1.

Tak butuh waktu lama bagi Indonesia untuk berbalik unggul. Menit ke-59 giliran Septian David Maulana yang mencatatkan namanya di papan skor. Septian yang dihalangi dua pemain lawan di depan kotak penalti masih bisa melepaskan sepakan kaki kiri yang mengarah ke pojok kanan gawang tanpa bisa dijangkau kiper lawan. 2-1 Indonesia memimpin.

Dalam situasi unggul, kepercayaan diri pemain Indonesia semakin meningkat. Ini terlihat dari intensitas serangan yang terus diberikan. Menit ke-62, Febri melakukan percobaan yang masih bisa diblok kiper dan menghasilkan sepak pojok.

Asik menyerang, barisan belakang Indonesia lengah di menit ke-68. Satria Tama melakukan penyemalatan dengan menutup gerak Aung Mann yang menerima umpan datar di area penalti.

Setelah water break, serangan Indonesia belum berhenti. Hasilnya, skuad Garuda Muda mampu menambah keunggulan menjadi 3-1. Rezaldi Hehanusa melepaskan sepakan kaki kiri dari jarak 15 meter yang bersarang tepat di pojok kanan atas gawang Myanmar.

Indonesia sebenarnya punya satu peluang bagus menambah skor keunggulan. Sepakan bebas Febri di menit ke-84 masih bisa ditepis kiper lawan.

Myanmar harus bermain dengan sepuluh orang di masa injury setelah Nan Wai Min diganjar kartu merah menyusul pelanggaran kepada Ezra Walian. Hingga peluit panjang dibunyikan skor 3-1 bagi kemenangan Indonesia tak berubah.

Susunan Pemain:

Indonesia: Satria Tama; Hansamu Yama, Andy Setyo (Rezaldi Hehanuas 29'), Ricky Fajrin, Gavin Kwan; Hargianto, Evan Dimas, Osvaldo Haay, Febri Hariyadi, Septian David, Marinus Wanewar.

Myanmar: Sann Sat Naing; Nan Wai Min, Htike Htike Aung, Thiha Htet Aung, Hein Thiha Zaw; Hlaing Bo Bo, Si Thu Aung, Mg Mg Lwin, Yan Naing Oo; Than Paing, Aung Thu.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Kalahkan Myanmar, Indonesia Raih Medali Perunggu : http://ini.la/2401011

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kalahkan Myanmar, Indonesia Raih Medali Perunggu"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.