Search

Ini Skenario Indonesia Lolos ke Perempatfinal

INILAHCOM, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 menelan kekalahan dari Qatar U-19 di matchday Piala Asia U-19 2018. Namun demikian, peluang Indonesia lolos ke babak perempatfinal masih terbuka lebar. Seperti apa skenarionya.

Bermain di depan puluhan ribu suporter Merah Putih yang memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Minggu (21/10/2018) malam WIB, Indonesia sempat tertinggal jauh 1-6 sebelum akhirnya mencetak empat gol di babak kedua untuk menipiskan skor jadi 5-6.

Dengan hasil tersebut, Indonesia kini menempati posisi tiga Grup A dengan nilai tiga sama dengan Qatar tetapi kalah head-to-head. Sedangkan Uni Emirat Arab memimpin klasemen dengan nilai enam hasil dua kemenangan.

Di pertandingan terakhir, Indonesia akan menghadapi Uni Emirat Arab, Rabu (24/10/2018) malam WIB, sebagai penentu lolos tidaknya ke babak perempatfinal.

"Intinya kami tidak mau mengalah di sini. Kami masih punya harapan di lawan UEA nanti," kata Egy Maulana Vikri.

"Kami pemain sudah pasti yakin mau habis-habisan di sana. Kami sudha tidak pikirkan yang lain, kami harus menang lawan UEA semua pemain sudah fokus ke sana," ia menambahkan.

Ada beberapa skenario yang membuat Indonesia bisa melaju ke perempatinal, termasuk melihat hasil akhir pertandingan Qatar versus Taiwan. Berikut skenarionya.

1. Jika Qatar kalah dari Taiwan, maka Indonesia hanya perlu hasil imbang melawan UEA. Jika demikian, Indoesia akan berada di posisi runner-up dengan nilai empat di bawah UEA yang mengemas nilai tujuh sebagai juara grup.

2. Bila Taiwan kontra Qatar berakhir imbang, maka Indonesia harus menang dari UEA. Hasil tersebut akan membuat Indonesia jadi juara Grup A dengan nilai enam, sama seperti UEA tapi menang head-to-head.

3. Skenario paling rumit yang bakal terjadi adalah jika Qatar menang dari Taiwan, maka Indonesia wajib menang lawan UEA. Jika terjadi demikian, maka ada tiga negara, Qatar, Uni Emirat dan Indonesia memiliki poin yang sama enam.

Artinya, untuk menetukan siapa yang berhak lolos ke perempatfinal, klasemen kecil akan dibuat tanpa menyertakan Taiwan yang sudah dipastikan tidak lolos.

Penghitungan akan dilakukan pada selisih gol antar tiga tim, dan menghapus jumlah gol ketiga saat melawan Taiwan.

Situasi saat ini, UEA sementara memimpin klasemen kecil dengan selisih gol 2-1 (+1), diikuti Qatar 7-7 (0), dan Indonesia 5-6 (-1). Indonesia tak punya pilihan selain menang dari UEA di laga terakhir.

Jika Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan menang dengan selisih satu gol maka mereka akan menduduki posisi runner-up di bawah Qatar. UEA akan tersingkir karena hanya mencetak dua gol sedangkan Indonesia punya enam gol.

Indonesia juga masih berpeluang menjadi juara grup dengan syarat bisa menang dengan selisih dua gol atas UEA. Jika demikian, Indonesia mengungguli Qatar dengan sama-sama mencetak tujuh gol tapi selisih gol Indonesia menjadi +1 sedangkan Qatar selisihnya 0.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Ini Skenario Indonesia Lolos ke Perempatfinal : https://ift.tt/2q5UlvY

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Skenario Indonesia Lolos ke Perempatfinal"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.