Search

Alasan Matic Tak Pakai Simbol Poppy di Jersey-nya

INILAHCOM, Manchester - Gelandang Manchester United, Nemanja Matic, menolak mengenakan emblem bunga poppy merah di kostumnya akhir pekan kemarin. Tak ingin memicu polemik, Matic menjelaskan alasannya.

Inggris dan sejumlah negara di belahan bumi barat kerap merayakan Rememberance Day mulai dari akhir Oktober sampai pertengahan November di setiap tahun.

Dalam peringatan tersebut jersey para pemain di Liga Premier Inggris mengenakan sebuah emblem Rememberance Poppy yang punya nama lain Bunga Merah dalam Bahasa Indonesia.

Rememberance Day merupakan bentuk penghormatan jasa para pahlwan yang gugur di Perang Dunia I. Awalnya, peringatan ini dilakukan oleh Amerika Serikat kemudian menyebar ke Inggris dam negara-negara sekutu.

Namun, tak semua pemain setuju dengan peringatan tersebut. Ada yang menganggap perang saudara hanya menyisakan traumatis berkepanjangan. Hal inilah yang dirasakan oleh Matic.

Bagi gelandang 30 tahun simbol Bunga Poppy hanya akan menghidupkan lagi kenangan buruk saat ia masih berusia 12 tahun. Saat itu, ia menjadi saksi mata perang saudara yang berkecamuk di Yugoslavia. Kampung halaman Matic, Vrelo, menjadi sasaran gempuran tentara NATO yang menewaskan banyak orang dalam periode 24 Maret-10 Juni 1999.

"Saya sangat mengerti alasan orang-orang mengenakan poppies, saya menghormati alasan mereka menggunakan itu dan sangat bersimpati kepada siapapun yang kehilangan orang tercinta karena konflik," kata Matic lewat akun Instagram-nya.

"Meskipun demikian, untuk saya hal itu hanya akan mengingatkan pada serangan yang saya rasakan saat masih bocah 12 tahun asal Vrelo yang ketakutan karena negaranya hancur karena bom Serbia pada 1999."

"Dengan apa yang saya saksikan sebelumnya, saya rasa tidak tepat bila saya mengenakan popppy di jersey saya," ia memungkasi.

Sumber: BBC

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Alasan Matic Tak Pakai Simbol Poppy di Jersey-nya : https://ift.tt/2Qng5Pp

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Alasan Matic Tak Pakai Simbol Poppy di Jersey-nya"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.