Search

Arab Saudi Gelar Liga Sepak Bola Wanita - Surya.co.id

SURYA.co.id RIYADH - Sejarah tercipta di Arab Saudi. Untuk pertama kalinya, negara yang dikenal menganut Islam konservatif itu melaunching liga sepak bola putr, Selasa (25/2).

Dilansir dari AFP, musim pertama di liga sepak bola putri Arab Saudi berhadiah total 500 ribu riyal (setara dengan Rp 1,86 miliar). Usia pesertanya harus di atas 17 tahun.

Federasi Olahraga Arab Saudi mengatakan kompetisi ini dihelat di Kota Jeddah, Ibu Kota Riyadh, dan Kota Dammam. "Peluncuran (liga) ini untuk mendukung partisipasi perempuan di olahraga dan meningkatkan pengakuan untuk prestasi mereka di bidang olahraga," ucap federasi.

Presiden Federasi Olahraga Arab Saudi, Pangeran Khaled bin Alwaleed bin Talal Al Saud, mengungkapkan liga sepak bola putri adalah permulaan untuk langkah besar demi masa depan negara.

"Ini (liga sepak bola putri) adalah langkah besar demi masa depan negara, kesehatan kita, generasi muda kita, dan ambisi kita untuk mendorong para atlet mencapai kemampuan terbaiknya," ucapnya dikutip dari CNN, Senin (24/2)

Adanya liga sepak bola putri ini juga menandai era baru perempuan dalam bidang olahraga, di negara pimpinan Raja Salman tersebut.

Kebijakan melibatkan perempuan di sepak bola ini dimulai Arab Saudi sejak kaum hawa diizinkan menonton pertandingan di stadion pada Januari 2018.

Sebelumnya, pemerintah negeri tempat ka'bah berdiri ini, melarang keras wanita berpartisipasi di arena olahraga. Kondisi kemudian berubah setelah Putra Mahkota Mohammed bin Salman memimpin reformasi berlabel vision 2030.

Sejumlah larangan kemudian dibatalkan. Konser musik yang semula terlarang kini bisa dinikmati, bioskop - bioskop dibuka p lagi, dan larangan mengemudi untuk perempuan juga dicabut.

Skema kompetisi Liga sepak bola putri ini bukan bagian dari Federasi Sepak Bola Arab Saudi, melainkan dibawahi oleh Federasi Olahraga.

Federasi Olahraga Arab Saudi, kompetisi ini dimulai dengan babak kualifikasi untuk menentukan juara regional. Sang jawara kemudian melaju ke fase gugur, dan berkompetisi di Women Football League Champions Cup.

Sebelumnya, Arab Saudi tidak pernah memiliki tim nasional wanita (timnasita) untuk berkompetisi di Piala Dunia Wanita.

Salah satu alasan Saudi tidak membentuk timnasita adalah hukuman FIFA yang mereka terima di tahun 2007. Waktu itu FIFA melarang pemain mengenakan hijab. Larangan ini kemudian dicabut lima tahun kemudian, sehingga tahun 2012 Arab Saudi mengirimkan kontingen perempuan pertamanya di Olimpiade.

Selanjutnya di Oktober 2019 Arab Saudi mengirimkan tim futsal wanita pertamanya di kejuaraan internasional. Tim tersebut berkompetisi di Gulf Cooperation Council (GCC) Women's Games bareng Uni Emirat Arab (UEA), Kuwait, dan Bahrain.

Tim Arab Saudi mengakhiri turnamen itu sebagai juara tiga, dan sempat mengecap hasil manis kala mengalahkan tuan rumah Kuwait.

Let's block ads! (Why?)



"sepak" - Google Berita
February 26, 2020 at 10:46PM
https://ift.tt/3c9ILGN

Arab Saudi Gelar Liga Sepak Bola Wanita - Surya.co.id
"sepak" - Google Berita
https://ift.tt/2SP8xJg
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Arab Saudi Gelar Liga Sepak Bola Wanita - Surya.co.id"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.