Search

Gerakan yang Dominan Dilakukan dalam Permainan Sepak Bola Adalah Menendang, Ketahui Tekniknya - Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang sudah mendunia. Permainan ini pun banyak sekali yang menyukainya, tak terkecuali bagi pria dan wanita. Hanya saja, banyak yang belum memahami permainan sepak bola sesungguhnya.

Sepak bola dilakukan dengan satu tujuan, yakni mencetak gol ke gawang lawan. Mencetak gol ini dilakukan sebagai bentuk perhitungan kemenangan nantinya. Gol bisa terjadi ketika teknik menendang pemain sepak bola benar-benar dikuasai. Gerakan yang dominan dilakukan dalam permainan sepak bola adalah menendang.

Hampir semua orang bisa menendang. Meski begitu, tak semua orang bisa menendang dengan sempurna. Di sini pentingnya mengetahui bahwa gerakan yang dominan dilakukan dalam permainan sepak bola adalah menendang. Teknik menendang harus dikuasai betul untuk bisa memenangkan pertandingan.

Tak hanya menendang yang harus dikuasai. Masih ada teknik pendukung selain praktik gerakan yang dominan dilakukan dalam permainan sepak bola adalah menendang. Misalnya saja seperti menggiring, mengontrol, menyundul, merampas, lemparan, dan jaga gawang.

Berikut Liputan6.com ulas gerakan yang dominan dilakukan dalam permainan sepak bola adalah menendang dari berbagai sumber, Selasa (29/9/2020).

2 dari 5 halaman

Gerakan yang Dominan Dilakukan dalam Permainan Sepak Bola

Sepak bola merupakan cabang olahraga yang menggunakan bola berbahan kulit. Permainan sepak bola ini dimainkan oleh dua tim yang beranggotakan sebelas orang dengan beberapa pemain cadangan. Sementara gerakan yang dominan dilakukan dalam permainan sepak bola adalah menendang.

Gerakan yang dominan dilakukan dalam permainan sepak bola adalah menendang. Meski begitu, masih ada teknik lain yang menunjang keberhasilan dalam permainan ini. Menendang menjadi teknik utama yang digunakan kedua tim saling berebut bola. Hingga pada akhirnya salah satu tim mencetak gol di gawang lawan sebagai tanda kemenangannya.

Sepak bola termasuk permainan yang sebenarnya sangat sederhana. Tujuan utamanya hanya satu, yakni mencetak gol di gawang lawan. Meski terbilang sederhana, mencetak gol sangatlah sulit. Berbagai teknik permainan sepak bola harus dikuasai untuk bisa melancarkan setiap serangan pada lawan. Apapun tekniknya, gerakan yang dominan dilakukan dalam permainan sepak bola adalah menendang.

Ada banyak sekali aturan yang harus dipatuhi dalam permainan sepak bola ini. Begitu juga ada banyak sekali pemahaman yang harus pemain bola ketahui. Tak hanya sebatas pada gerakan yang dominan dilakukan dalam permainan sepak bola adalah menendang. Melainkan pemain, lapangan pertandingan, bola, durasi pertandingan, wasit, gol, pelanggaran, tendangan, dan lain sebagainya.

3 dari 5 halaman

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

1. Menendang (kicking): mengumpan dan menembak ke arah gawang.

2. Menggiring (dribbling): mendekati jarak ke sasaran, melewati lawan, menghambat permainan.

3. Mengontrol/Menghentikan Bola (stoping): menghalau bola yang terlalu kuat ditendang.

4. Menyundul (heading): menerima umpan bola yang melayang dari atas.

5. Merampas (tacling): mengambil/merampas bola dari lawan.

6. Lemparan Kedalam (trow – in): melempar kedalam ketika bola keluar lapangan.

7. Menjaga Gawang (Goal Keeping): memertahankan gawang agar tidak kemasukan.

4 dari 5 halaman

Bentuk Latihan Menendang

Kaki Dalam

1. Awalan kaki lurus dengan bola.

2. Kaki depan berada disamping bola sebagai kaki tumpu.

3. Lutut sedikit di tekuk.

4. Kaki sepak diputar keluar pada pangkal pahanya sehingga kaki sepak membentuk sudut 90ยบ dengan kaki tumpu.

5. Bagian kaki yang kontak dengan bola adalah pergelangan kaki (engkel) bagian dalam.

6. Bola disepak tepat pada titik nya.

Kaki Luar

1. Awalan kaki lurus dengan bola.

2. Kaki depan berada disamping bola sebagai kaki tumpu.

3. Jari-jari kaki menghadap ke depan dengan lutut sedikit ditekuk.

4. Pergelangan kaki sepak ditekuk ke bawah dan diputar ke dalam.

5. Ayunkan kakibelakang ke depan mengenai bola dengan arah menyilang kaki tumpu.

6. Perkenaan pada kaki bagian luar.

7. Sumber pergerakkan pada pangkal paha.

Punggung Kaki

1. Awalan kaki lurus dengan bola.

2. Kaki depan berada disamping bola sebagai kaki tumpu.

3. Lutut sedikit di tekuk.

4. Pergelangan kaki sepak ditekuk ke bawah sehingga punggung kaki menghadap ke bola.

5. Selanjutnya lutut ditekuk dalam-dalam sehingga berada di atas bola.

6. Sumber gerakan pada pangkal paha.

5 dari 5 halaman

Manfaat Bermain Sepak Bola

Jantung

Para bintang lapangan hijau akan bergerak ke depan dan ke belakang lapangan saat pertandingan. Mereka berjalan, jogging dan berlari dengan penuh selama 90 menit.

Hal itu tentunya akan membantu para pesepak bola mengendalikan detak jantung, dan melakukan latihan kardiovaskular.

Latihan cardio bertujuan membantu pemain menjaga kesehatan jantungnya, menghindari plak yang ada di arteri, mengurangi tekanan darah, hingga membakar kalori. Tak hanya pemain, bahkan kiper juga melakukan latihan cardio dengan bergerak di area gawang.

Berat Badan

Olahraga sepak bola bisa menjadi jalan keluar bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Menurut penelitian dari Harvard School of Public Health, bermain sepak bola dapat mencegah seseorang dari obesitas.

Cabang olahraga satu ini bisa membakar kalori dan lemak dalam tubuh dengan cukup efektif karena mampu menguras keringat selama kurang lebih 90 menit.

Karena lemak diperas menjadi otot. Lihat saja para pemain sepak bola, mereka memiliki tubuh dengan otot yang kuat di segala sisi, termasuk betis dan perut.

Karakter

Sepak bola bukanlah olahraga yang menekankan keahlian individu, tetapi juga kerja sama tim secara keseluruhan. Bermain sepak bola dapat melatih karakter setiap pemain untuk lebih bertanggung jawab.

Namun, sepak bola punya cara tersendiri untuk mengembangkan kepribadian para pemainnya. Olahraga ini lebih mendorong kerja sama tim dan komunikasi antarpemain.

Hal itulah yang membuat para pesepak bola memahami kepribadiannya dan menghubungkannya dengan kesuksesan tim, ketimbang berpikir untuk mengungguli teman setim.

Otot

Bermain sepak bola secara rutin mampu membangun kekuatan otot-otot kaki, paha, perut, dan dada.

Saat mencoba untuk membangun otot dengan cara bermain sepak bola, Anda akan merasakan manfaat lainnya seperti peningkatan daya tahan tubuh, alias tidak akan mudah lesu atau lelah.

Membangun dan membentuk otot merupakan salah satu cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Selain itu juga dapat membantu meningkatkan kinerja atletik. Dengan otot yang lebih kuat, hal ini akan membantu mengurangi risiko cedera.

Let's block ads! (Why?)



"sepak" - Google Berita
September 29, 2020 at 10:00AM
https://ift.tt/33d9foc

Gerakan yang Dominan Dilakukan dalam Permainan Sepak Bola Adalah Menendang, Ketahui Tekniknya - Liputan6.com
"sepak" - Google Berita
https://ift.tt/2SP8xJg
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gerakan yang Dominan Dilakukan dalam Permainan Sepak Bola Adalah Menendang, Ketahui Tekniknya - Liputan6.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.