Search

Semangat Para Disabilitas dalam Pertandingan Sepak Bola Amputasi di Jember | merdeka.com - Merdeka.com

Merdeka.com - Kondisi fisik yang berbeda, tidak seharusnya menghalangi penyandang disabilitas untuk terus berkarya di masyarakat. Spirit itu yang tergambar dalam Liga Sepak Bola Amputasi yang digelar Perkumpulan Sepak Bola Amputasi Djember (Persaid), wadah pembinaan sepak bola bagi kalangan disabilitas amputasi kaki dan tangan. Bertindak sebagai tuan rumah, Persaid mengundang tiga tim sepak bola amputasi dari dua kabupaten tetangga, yakni Banyuwangi dan Lumajang. Pertandingan digelar di lapangan semi futsal yang ada di Desa Jubung, Kecamatan Sukorambi, Jember pada Minggu (6/12).

"Ini adalah pertama kalinya kita menggelar liga sepak bola amputasi tingkat Jawa Timur di Jember. Melalui acara ini, kita ingin membawa pesan, bahwa disabilitas juga memiliki kemampuan yang sama, meski dengan cara yang berbeda," ujar Eko Purwanto, salah satu penyelenggara.

Diakui Anto, sapaan akrab Eko Purwanto, tren sepak bola amputasi memang masih baru. Namun, geliatnya mulai menggema sejak dua tahun terakhir. Terlebih, setelah dibentuknya Indonesia Amputee Footbal (Inaf) sebagai PSSI-nya sepak bola amputasi. Melalui sepak bola amputasi, pesan inklusi kepada masyarakat luas digaungkan. Yakni agar disabilitas bisa berdaya sebagaimana masyarakat pada umumnya.

"Kita ingin tunjukkan kepada masyarakat luas, bahwa sepak bola tidak hanya untuk mereka yang kakinya berfungsi semua. Saat ini, kita memang masih dalam tahap pengenalan kepada pemerintah dan swasta. Tapi alhamdulillah sudah ada fasilitasi dari berbagai pihak," lanjut Anto.

Meski hanya memiliki satu kaki dan menggunakan alat bantu berjalan (kruk), para pemain sepak bola amputasi terlihat semangat menggocek bola. Kecuali kiper, seluruh pemain merupakan disabilitas kaki.

"Untuk yang amputasi tangan, kita khususkan sebagai kiper. Kita lihat, mereka semangatnya tinggi sekali, meski mungkin hanya berfungsi satu kaki saja," ujar Anto yang juga disabilitas kaki dan aktivis Perpenca Jember ini.

Let's block ads! (Why?)



"sepak" - Google Berita
December 07, 2020 at 05:05AM
https://ift.tt/3lPy5kr

Semangat Para Disabilitas dalam Pertandingan Sepak Bola Amputasi di Jember | merdeka.com - Merdeka.com
"sepak" - Google Berita
https://ift.tt/2SP8xJg
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Semangat Para Disabilitas dalam Pertandingan Sepak Bola Amputasi di Jember | merdeka.com - Merdeka.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.