Search

Olahraga Sepak Bola - Kompasiana.com - Kompasiana.com

Berbagai macam cabang-cabang olahraga yang bisa dilakukan untuk sekedar mengisi waktu luang ataupun untuk kesehatan jasmani manusia. Salah satu cabang olahraga yang populer dan memiliki banyak peminatnya ialah Sepak bola. Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang sudah terkenal ke seluruh penjuru dunia. 

Dari permainan sepak bola ini muncul berbagai tim-tim hebat dari berbagai negara, seperti Real Madrid, Manchester United, Barcelona dan lainnya. Tim-tim hebat inilah yang membuat permainan sepak bola semakin bertambah jumlah peminatnya.

Setiap olahraga pasti memiliki cara khusus bermainnya, adapun cara bermain dalam sepak bola ialah harus terdapat dua tim, dan masing-masing tim berjumlah 11 orang. 

Di dalam permainan ini, dua tim tersebutberjuang menggunakan taktik terterntu untuk mendapatkan poin dari bola yang dimasukkan ke gawang lawan, dan pemenang di tentukan dari jumlah poin terbanyak. Olahraga ini harus dilakukan di lapangan terbuka yang mempunyai luas sekitar 100-200 meter sertalebar 65-75 meter. Sepak bola biasa dimainkan dengan lama waktu 2 x 45 menit, lalu di tambah dengan waktu istirahat selama 15 menit.

Di dalam permainan sepak bola juga mempunyai peraturan bermain, karena pada dasarnya di setiap permainan olahraga yang lain juga memiliki peraturan khusus agar olahraga tersebut mendapatkan manfaat yang berguna bagi tubuh. Adapun peraturan di dalam sepak bola ini antara lain ialah offside, pelanggaran, tendangan bebas, tendangan penalti, tendangan gawang, tendangan sudut dan tendangan dalam. Peraturan-peraturan tersebut sudah pasti resmi yang di buat dan disetujui oleh pihak-pihak atau badan asosiasi sepak bola yang bersangkutan.

Sebagaimana dikatakan bahwasannya peminat sepak bola semakin bertambah dari seluruh dunia, karena peminatnya bukan dari kalangan laki-laki saja, melainkan kalangan perempuan juga banyak yang menyukai olahraga ini. Lebih luasnya lagi kalangan peminat sepak bola tidak dibatasi umur, baik itu anak-anak ataupun orang dewasa masih banyak yang berminat memainkan olahraga ini. 

Dan kebanyakan peminat olahraga ini biasanya berawal dari atlet dari salah satu tim yang mereka sukai, lalu berkembang menjadi rasa penasaran ingin belajar cara bermain sepak bola. Dari situlah bibit-bibit bertambahnya peminat olahraga sepak bola.

Selain dari atlet-atlet yang membuat olahraga ini semakin populer, olahraga ini juga menghasilkan berbagai manfaat bagi para pemainnya. Selain untuk menghilangkan stress, masih banyak manfaat lain yang di dapatkan dari permainan sepak bola ini, antara lain, pertama dapat menambah kebugaran yang baik untuk fisik, karena saat bermain sepak bola otot-otot dan tulang-tulang kita dilatih agar semakin kuat. Karena ketika kita berlari mengejar bola, disana saraf otot dan tulang kita bekerja.

Kedua, dapat melatih kecerdasan otak, di saat kita bekerja sama dengan anggota tim yang lain untuk mengatur strategi melawan tim musuh, maka di saat itulah otak kita di uji dalam kecepatan berfikir. Ketiga, manfaat dari sepak bola ialah dapat melatih kerja sama tim, inilah salah satu yang dibutuhkan di dalam permainan. Karena, jika kita tidak bisa bekerja sama dengan anggota tim yang lain, maka tim tersebut akan mengalami kekalahan. 

Dan yang terakhir ialah dapat melatih kekuatan mental, karena di saat permainan berlangsung, kita pasti tidak akan selalu merasakan kedudukan atau kemenangan di setiap saat dan pasti merasakan jatuhnya tim, dari situlah mental kita diuji.

Berbagai macam manfaat yang akan di dapatkan dari permainan sepak bola, maka tak heran jika olahraga ini semakin banyak peminatnya. Asalkan kita rajin latihandan terus belajar lebih dalam, maka kita akan mendapatkan hasil yang maksimal dari olahraga yang sudah dijalankan. Karena, hasil yang sempurna berasal dari usaha yang sempurna juga. Maka dari itu, setidaknya kita harus berolahraga minimal tiga kali seminggu, agar tubuh selalu sehat dan merasa bugar, dan jarang merasakan sakit.

VIDEO PILIHAN

Let's block ads! (Why?)



"sepak" - Google Berita
December 31, 2020 at 09:00AM
https://ift.tt/2JzUsgA

Olahraga Sepak Bola - Kompasiana.com - Kompasiana.com
"sepak" - Google Berita
https://ift.tt/2SP8xJg
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Olahraga Sepak Bola - Kompasiana.com - Kompasiana.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.