Search

Gara-Gara Corona, Kompetisi Sepak Bola di 3 Negara Ini Resmi Dihentikan | merdeka.com - merdeka.com

Gara-Gara Corona, Kompetisi Sepak Bola di 3 Negara Ini Resmi Dihentikan

Ligue 1 resmi berhenti. AP Photo ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Salah satu kegiatan yang terdampak virus corona adalah sepak bola dunia. Beberapa negara terpaksa menunda liga sepak bola mereka karena virus corona masih belum reda.

Penundaan ini tentu menyebabkan beberapa pemain sepak bola harus beristirahat cukup lama. Liga-liga sepak bola terpaksa harus berhenti sementara untuk waktu yang tidak ditentukan. Salah satu liga terbaik di Eropa, liga Inggris yang awalnya ditunda sampai 30 April, terpaksa harus diperpanjang hingga waktu yang belum diketahui.

Keputusan berbeda dilakukan oleh Prancis. Liga sepak bola mereka, Ligue 1, resmi memberhentikan musim 2019/2020. Pandemi corona yang tak kunjung reda membuat hal ini terpaksa dilakukan. Selain Ligue 1, sebelumnya Liga Belanda, Eredivisie juga sudah resmi berhenti.

Berikut merdeka.com ulas tiga liga sepak bola yang resmi berhenti dikutip dari berbagai sumber, Rabu (29/4).

1 dari 3 halaman

Jupiter League Belgia

club brugge kv

Instagram @clubbrugge ©2020 Merdeka.com


Liga pertama yang memutuskan untuk berhenti adalah Liga Belgia. Jupiter League musim 2019-2020 resmi dihentikan. Pengumuman ini dirilis pada laman resmi Liga Belgia, Jumat (3/4) dengan menyisakan 1 pertandingan terakhir atau di matchweek 29.

Dilansir oleh bolatimes, liga Belgia resmi menjadi liga Eropa pertama yang mengumumkan berhenti. Hal ini merupakan keputusan yang mengejutkan karena sebelumnya UEFA merekomendasikan untuk tetap berjalan hingga Agustus 2020.

Dewan direksi Jupiter League mengadakan rapat tertutup dengan 24 klub peserta dua liga kasta tertinggi dan menghasilkan keputusan bahwa liga yang seharusnya rampung pada 22 Maret 2020 terpaksa harus berhenti.

Mereka juga mengumumkan juara Jupiter League 2019-2020 adalah Club Brugge KV yang unggul jauh 15 poin dari juara bertahan Gent yang berada di posisi kedua. Mereka juga tidak memainkan laga play-off akhir musim yang biasanya digelar untuk menentukan juara Jupiter League.

2 dari 3 halaman

Eredivisie Belanda

liga belanda eredivisie resmi behenti

©2020 Bola.com


Liga kedua yang mengumumkan berhenti adalah liga Belanda, Eredivisie. Sebelumnya Eredivisie menunda pertandingan sejak 12 Maret dengan harapan bergulir kembali pada 30 Maret.

Dilansi oleh bola.com, keputusan ini sudah ditetapkan oleh Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) setela berdiskusi dengan UEFA dan klub-klub peserta. Hal ini menyusul pernyataan pemerintah tentang larangan beraktivitas yang mengundang keramaian hingga 1 September 2020.

"Menyadari perbedaan visi dan kepentingan klub-klub, KNVB sadar bahwa keputusan apa pun harus dibuat, setiap opsi akan tetap merugikan. Akan sangat jelas bagi semua orang yang terlibat, mulai dari suporter dan pemain hingga direktur dan wasit, bahwa kesehatan masyarakat selalu didahulukan. Namun demikian, dewan sepak bola profesional sadar jika keputusan hari ini akan menyebabkan kekecewaan besar dalam sepak bola bagi sebagian orang." bunyi pernyataan resmi KNVB.

"Karena banyaknya pertandingan yang masih harus dimainkan dalam kompetisi, kami percaya bahwa kami tidak dapat menerapkan promosi atau degradasi dan itu sudah diputuskan," tambah KNVB.

Secara resmi mereka mengumumkan musim 2019-2020 telah berakhir tanpa juara. Puncak klasemen ditempati oleh Ajax Amsterdam dengan 57 poin. Ajax hanya unggul selisih gol atas AZ Alkmaar di posisi kedua.

Selain memutuskan tanpa pemenang, Eredivisie musim 2019-2020 juga berhenti tanpa klub yang terdegradasi dan promosi dari liga dua mereka, Eerste Divisie. Dua tim terbawah, ADO Den Haag dan RKC Waalwijk tetep berlaga di Eredivisie musim depan.

3 dari 3 halaman

Ligue 1 Perancis

ligue 1 resmi berhenti

AP Photo ©2020 Merdeka.com

Ligue 1 musim 2019/20200 resmi berhenti. Hal ini diumumkan oleh Perdana Menteri mereka, Edouard Phillipe yang mengumumkan larangan event olahraga apapun hingga sebelum September. Dikutip oleh Sky Sports, dengan adanya keputusan tersebut berarti Ligue 1 dan Ligue 2 pada musim ini resmi berhenti.

"Musim 2019/2020 dalam olahraga profesional, termasuk sepakbola tidak bisa dilanjutkan. Akan mungkin di hari yang cerah untuk melakukan aktivitas olahraga individual di luar ruangan, tapi dengan mematuhi aturan jaga jarak. Dan tidak akan mungkin, untuk berlatih olahraga di tempat tertutup baik olahraga tim atau olahraga yang mesti berkontak fisik." Ujarnya.

Meski begitu, Ligue 1 belum menentukan siapa yang menjadi juara musim 2019/2020. Klasemen tiga besar saat ini ditempati oleh Paris Saint Germain (PSG), Marseille dan Rennes. Padahal jarak PSG dengan Marseille terpaut cukup jauh, yaitu 12 poin. Selain itu belum ada penentuan kualifikasi untuk kompetisi Eropa musim depan.

Belum diketahui juga nasib tiga tim terbawah Ligue 1 yaitu Nimes, Amiens dan Toulouse.

(mdk/dim)

TOPIK TERKAIT

Let's block ads! (Why?)



"sepak" - Google Berita
April 29, 2020 at 09:19AM
https://ift.tt/3bYGHkg

Gara-Gara Corona, Kompetisi Sepak Bola di 3 Negara Ini Resmi Dihentikan | merdeka.com - merdeka.com
"sepak" - Google Berita
https://ift.tt/2SP8xJg
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gara-Gara Corona, Kompetisi Sepak Bola di 3 Negara Ini Resmi Dihentikan | merdeka.com - merdeka.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.