Search

Ngaku Seleksi Sepak Bola, Tiga Warga Nigeria Ternyata Sindikat Penipu - Jawa Pos

DENPASAR, BALI EXPRESS - Tiga warga negara asing (WNA) asal Nigeria, masing-masing bernama Henry Mondar Ugwani, 29, Ugochukwu Godson Eze, 30, Emeka Joseph Anyakee, 38 yang diamankan pihak imigrasi, Senin (27/7), ternyata sindikat penipuan online. Hal ini terungkap setelah pihak berwenang melakukan pemeriksaan terhadap ketiga orang ini.

Semula ketiga WNA ini mengaku datang ke Bali untuk seleksi sepak bola.  Setelah dilakukan pendalaman,  ketiga WNA tersebut diduga kuat merupakan sindikat penipuan online yang terjebak di Bali karena Covid-19. Tidak tanggung-tanggung, untuk mengungkap kasus ini, penyelidikan melibatkan Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI AD dan Polda Bali.

"Pengakuan mereka tidak lolos seleksi bola itu bohong. Mereka tidak pernah seleksi bola. Fakta lain terungkap, setelah penyidik memeriksa laptop mereka," jelas sumber koran ini.

Dari hasil pemeriksaan terhadap laptop mereka, penyidik menemukan modus bahwa ketiga  WNA tersebut melakukan penipuan menggunakan media sosial. "Mereka menggunakan akun dengan nama David Moore. Di akun tersebut mereka mengaku sebagai tentara Amerika yang bertugas di Timur Tengah," ungkap sumber lagi.

Ketiga WNA tersebut mengincar gadis yang mudah dipengaruhi. Salah satu korban yang telah tertipu adalah seorang gadis yang mengirimkan uang USD 1,5 juta atau setara dengan Rp 21 M. "Dia menjanjikan gadis itu investasi dan menikah. Kami punya bukti percakapan mereka," ungkapnya lagi.

Selain korban dari luar negeri, banyak juga korban perempuan Indonesia. "Dia menyasar korban dalam sebuah grup media sosial yang mereka anggap grup perempuan kaya," jelasnya lagi.

Selain Indonesia, tiga sekawan ini juga menyasar warga negara Malaysia dengan menggunakan akun palsu.

Mereka yang tidak bisa berbahasa Indonesia mengelabui korbannya dengan fasilitas alat terjemahan di internet. Bukti-bukti tersebut telah disita oleh penyidik.

Kepala Rudenim Denpasar Inward Victor ML Toruan membenarkan penyidik gabungan telah membongkar sindikat penipuan online lintas negara tersebut. "Benar, Kami masih dalami keterangan mereka," jawabnya. 

Let's block ads! (Why?)



"sepak" - Google Berita
August 20, 2020 at 08:58PM
https://ift.tt/2YiXgma

Ngaku Seleksi Sepak Bola, Tiga Warga Nigeria Ternyata Sindikat Penipu - Jawa Pos
"sepak" - Google Berita
https://ift.tt/2SP8xJg
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ngaku Seleksi Sepak Bola, Tiga Warga Nigeria Ternyata Sindikat Penipu - Jawa Pos"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.