Search

Kisah Tentara Inggris dan Jerman Lakukan Gencatan Senjata dan Main Sepak Bola pada Malam Natal - Pikiran-Rakyat.com - Pikiran Rakyat

PIKIRAN RAKYAT - Peristiwa unik sekaligus hangat terjadi pada malam Natal tahun 1914 saat Perang Dunia I sedang berkecamuk.

Tentara Inggris dan Jerman yang mulanya telibat baku tembak, perlahan melakukan gencatan senjata saat malam tiba tanpa sepengetahuan komandan masing-masing. 

Dikutip Pikiran-rakyat.com (PR) dari buku Mengapa Sebelas Lawan Sebelas? (2017), peristiwa itu terjadi di medan perang yang terletak di kawasan Belgia.

Baca Juga: Sukacita Natal 2020, 11.669 Narapidana Terima Remisi Khusus, 195 Bebas

Usai melakukan gencatan senjata, tanpa aba-aba atau komando apa pun, para prajurit saling bercengkrama hingga bertukar kado, rokok, dan minuman beralkohol untuk merayakan malam Natal.

Tak lama kemudian, seorang prajurit Inggris tiba-tiba mengeluarkan bola, dan terjadilah pertandingan sepak bola antarprajurit.

Sebagian sejarawan ada yang meragukan bahwa pertandingan sepak bola benar-benar terjadi malam itu.

Mereka meyakini yang terjadi hanya sekadar baku sepak kecil antarprajurit, bukan pertandingan sungguhan.

Baca Juga: [HOAKS atau FAKTA] Surat Telegram Rahasia dari Kapolri untuk Kapolda Terkait Pembubaran FPI

Namun, hal itu dibantah oleh keluarga dari para prajurit. Mereka mengatakan bahwa pertandingan sepak bola telah terjadi pada malam Natal itu.

Let's block ads! (Why?)



"sepak" - Google Berita
December 24, 2020 at 08:05PM
https://ift.tt/3nSqumQ

Kisah Tentara Inggris dan Jerman Lakukan Gencatan Senjata dan Main Sepak Bola pada Malam Natal - Pikiran-Rakyat.com - Pikiran Rakyat
"sepak" - Google Berita
https://ift.tt/2SP8xJg
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kisah Tentara Inggris dan Jerman Lakukan Gencatan Senjata dan Main Sepak Bola pada Malam Natal - Pikiran-Rakyat.com - Pikiran Rakyat"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.