Search

Pandemi Covid-19 Turunkan Brand Klub Sepak Bola Eropa - SINDOnews.com

loading...

MADRID - Pandemi Covid-19 membuat brand atau merek klub sepak bola dunia menurun. Setidaknya jika didasarkan pada laporan Brand Finance 2020, yang baru saja dirilis, total 50 merek sepak bola teratas menurun untuk pertama kali dalam enam tahun.

Meski sepak bola berhasil digulirkan, klub tidak bisa mendapatkan pemasukan maksimal dari tiga sektor utama mereka: tiket pertandingan atau matchday, broadcasting, dan komersial. Menurut laporan tersebut, jika diakumulasi dari 50 merek paling bergengsi di dunia, ada penurunan 3,7% atau sekitar 751 juta euro.

Penghasilan matchday untuk 501 pertandingan yang tersisa di lima liga besar turun menjadi nol. Sementara untuk beberapa klub dan liga-liga kecil dampaknya menjadi lebih besar. Seperti di Liga Skotlandia, di mana matchday merupakan 43% dari total pendapatan mereka. Meski begitu, tak berarti kerugian tim elite menjadi lebih kecil. (Baca: Iker Casillas Gantung Sepatu, Ini Pesan Elegan Messi)

Memang, untuk tim Liga Primer, matchday hanya menyumbang sekitar 13% pendapatan mereka. Tapi, mereka tetap harus membayar lebih dari 330 juta poundsterling kepada pemilik hak siar domestik (22% dari total tahunan) imbas digratiskannya siaran Liga Primer. Angka lebih besar menimpa Ligue 1 yang harus mengembalikan pembayaran 243 juta euro (28%) karena kompetisi dihentikan.

Baca Juga:

Situasi ini berimbas pada konfigurasi tim peringkat Brand Finance. Salah satunya keberhasilan Barcelona menggeser Manchester United (MU) dari peringkat kedua. Sementara Real Madrid tetap menempati posisi sebagai tim dengan brand tertinggi.

Ini adalah kedua kali berturut-turut Madrid memimpin sebagai merek klub sepak bola bernilai paling tinggi di dunia. Menurut penelitian dari firma konsultan bergengsi itu, Madrid bernilai 1,419 juta euro, dengan Barcelona hanya terpaut 6 juta euro di belakangnya dengan 1,413 juta euro.

Dari peringkat pertama dan kedua, ada perbedaan yang cukup besar dengan tim lainnya di lima besar, dengan MU di peringkat ketiga memiliki nilai 1,315 juta euro, Liverpool yang berada di peringkat keempat dengan 1,262 juta euro, dan Manchester City yang berada di peringkat kelima dengan 1,124 juta euro. (Baca juga: Ini Biang kerok Penyebab Bisnis BPR Alami Kebangkrutan)

Selain menghitung nilai merek, laporan Brand Finance juga menilai kekuatan merek dengan mengaitkan masing-masing klub sepak bola dengan skor “Indeks Kekuatan Merek” dalam skala 100 poin berdasarkan metrik seperti investasi pemasaran, ekuitas pemangku kepentingan, dan kinerja bisnis. Real Madrid juga memimpin peringkat ini dengan skor 94,9, sementara FC Barcelona kembali berada di peringkat kedua dengan skor 93,6.

Let's block ads! (Why?)



"sepak" - Google Berita
August 06, 2020 at 12:35PM
https://ift.tt/2ET9Txz

Pandemi Covid-19 Turunkan Brand Klub Sepak Bola Eropa - SINDOnews.com
"sepak" - Google Berita
https://ift.tt/2SP8xJg
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

Related Posts :

0 Response to "Pandemi Covid-19 Turunkan Brand Klub Sepak Bola Eropa - SINDOnews.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.