Search

Kapan Sepak Bola Pertama Kali Masuk ke Indonesia? - Portal Jember - Pikiran Rakyat

PORTAL JEMBER - Sejarah pertandingan sepak bola dapat ditelusuri kembali ke abad ke-2 SM. Menurut catatan sejarah, Dinasti Han memainkan permainan sepak bola di Tiongkok. Saat itu masih sangat sederhana, karena hanya permainan mengangkut bola kulit ke dalam jaring kecil.

Pada masa pemerintahan Raja Edward III, sepak bola dilarang karena menimbulkan banyak kekerasan dan Raja James I dari Skotlandia juga mendukung sepak bola. Namun, larangan itu tidak bertahan lama.

Pada tahun 1863, 11 sekolah dan klub di Masonik Tavern menetapkan aturan dasar sepak bola dan pada saat yang sama menjadi pelopor olahraga modern saat ini.

Baca Juga: Mengerikan, Donald Trump 'Tak Bisa Nafas' Setelah Dirawat di Rumah Sakit Militer Walter Reed

Sepak bola pun mulai mendapat popularitas lebih besar dibanding rugby yang lebih dulu terkenal. Pada akhirnya, permainan sepak bola modern dari Inggris pun menyebar ke seluruh dunia karena dibawa oleh pelaut, pedagang, dan tentara Inggris ke berbagai belahan dunia.

Dikutip PORTAL JEMBER dalam laman Zonareferensi.com, Sepak bola pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1914, saat itu masih dalam masa penjajahan Belanda. Pada tanggal 19 April 1930, PSSI (Persatuan Sepak Bola Indonesia) mendirikan Yogyakarta di Yogyakarta, Indonesia.

Ketua PSSI pertama kala itu adalah Soeratin Sosrosoegondo. Pada tahun 1938, Indonesia yang masih dikenal sebagai Hindia Belanda ikut serta dalam Piala Dunia dan menjadi negara Asia pertama yang ikut Piala Dunia, meski akhirnya tersingkir di babak pertama.

Liga sepak bola Indonesia mulai dibentuk sejak tahun 1931 dengan nama Liga Perserikatan. Meski begitu, kompetisi tersebut hanya berlangsung secara amatir dan belum berbentuk profesional. VIJ Jakarta (kini menjadi Persija Jakarta) menjadi juara Perserikatan yang pertama.

Baca Juga: Gawat! Tim Peneliti Inggris Sebut Vaksin Covid-19 Tidak Akan Mengakhiri Pandemi, Ini Sebabnya

Let's block ads! (Why?)



"sepak" - Google Berita
October 03, 2020 at 03:17PM
https://ift.tt/33rqHpn

Kapan Sepak Bola Pertama Kali Masuk ke Indonesia? - Portal Jember - Pikiran Rakyat
"sepak" - Google Berita
https://ift.tt/2SP8xJg
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kapan Sepak Bola Pertama Kali Masuk ke Indonesia? - Portal Jember - Pikiran Rakyat"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.