Search

4 Tujuan Utama Permainan Sepak Bola, Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab - merdeka.com

4 Tujuan Utama Permainan Sepak Bola, Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Sepak bola. ©2013 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang digemari oleh hampir semua kalangan masyarakat, baik pria, wanita, dewasa, hingga anak-anak. Kompetisi yang menyuguhkan permainan sepak bola pun selalu ditunggu-tunggu oleh setiap orang, mulai dari kompetisi lokal hingga ajang sepak bola kelas dunia seperti Piala Dunia.

Bukan hanya sebagai tontonan favorit, sepak bola juga menjadi olahraga yang gemar dimainkan oleh masyarakat. Jenis permainan ini sering kali dimainkan dalam kompetisi antar kampung, atau sebagai salah satu permainan dalam perlombaan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia. Dalam ajang perlombaan ini, setiap tim beradu strategi untuk memenangkan permainan.

Selain untuk memenangkan kompetisi atau perlombaan, ternyata terdapat beberapa tujuan utama permainan sepak bola. Dalam hal ini, permainan sepak bola tentu saja dilakukan untuk melatih kekompakan setiap tim dalam melakukan kerja sama. Bukan hanya itu, tujuan utama permainan sepak bola juga berguna untuk meningkatkan karakter tanggung jawab masing-masing pemain.

Di samping melatih kekompakan dan tanggung jawab, permainan sepak bola juga bertujuan untuk meningkatkan kekuatan fisik seseorang. Bermain sepak bola juga bisa dilakukan dengan tujuan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran badan.

Dilansir dari laman Bola.com, berikut kami telah merangkum beberapa tujuan utama permainan sepak bola yang perlu diketahui.

1 dari 5 halaman

Membangun Karakter Tanggung Jawab

cara baru bermain sepak bola saat pandemi

©2020 REUTERS/Agustin Marcarian

Tujuan utama permainan sepak bola yang pertama tidak lain adalah untuk membangun karakter tanggung jawab. Dalam hal ini, permainan sepak bola mengharuskan setiap pemain untuk menjalin kerja sama dan strategi yang baik dalam menghadapi tim lawan. Bukan hanya itu, masing-masing pemain bertanggung jawab atas peran dan posisinya untuk mengeksekusi strategi yang ada.

Selain itu, tidak lupa setiap pemain perlu menjalin komunikasi yang baik dengan teman sesama tim. Hal ini sangat dibutuhkan agar strategi dapat dijalankan sesuai target, yaitu mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang tim lawan.

Melalui kerja sama dan kekompakan yang dibangun antar pemain, maka tim tersebut dapat menguasai permainan dan dengan mudah memenangkan pertandingan.

2 dari 5 halaman

Meningkatkan Kekuatan Otot

cara baru bermain sepak bola saat pandemi

©2020 REUTERS/Agustin Marcarian

Tujuan utama permainan sepak bola yang kedua yaitu untuk meningkatkan kekuatan otot. Dikatakan, bahwa bermain sepak bola secara rutin dapat membantu meningkatkan kekuatan otot-otot tubuh, terutama pada bagian paha, perut, dan dada.

Bukan hanya itu, bermain sepak bola ternyata juga dapat mendukung peningkatan daya tahan tubuh menjadi lebih baik. Sehingga tubuh tidak mudah lelah dan lesu dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Bahkan disebutkan, melakukan latihan sepak bola merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sepak bola pun akan membantu seseorang dalam meningkatkan kinerja atletik. Dengan kekuatan otot yang semakin meningkat, maka tubuh akan lebih kuat dan tidak mudah terkena cedera.

3 dari 5 halaman

Menjaga Kesehatan Jantung

sehat

©www.canadianliving.com

Tujuan utama permainan sepak bola yang tidak kalah penting yaitu untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini tidak lain karena setiap pemain sepak bola aktif bergerak selama permainan berlangsung, mulai dari berlari mengejar bola maupun jogging selama 90 menit penuh. Melalui gerakan aktif ini, setiap pemain dapat mengendalikan detak jantung serta melakukan latihan kardiovaskular.

Latihan kardiovaskular yang dilakukan oleh pemain sepak bola tersebut tentu saja sangat berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung, mencegah munculnya plak pada arteri, mengurangi tekanan darah, hingga secara efektif membakar kalori tubuh.

Bukan hanya pemain lapangan saja, kiper yang bertugas menjaga gawang juga melakukan latihan kardio yang sama meskipun hanya bergerak di area gawang.

4 dari 5 halaman

Menurunkan Berat Badan

badan

© elembarazo.net

Tujuan utama permainan sepak bola yang terakhir adalah untuk menurunkan berat badan. Benar, dikatakan bahwa sepak bola merupakan salah satu jenis latihan olahraga yang efektif turunkan berat badan. Bahkan berdasarkan hasil penelitian Harvard School of Public Health, bermain sepak bola pun dapat mencegah terjadinya risiko obesitas.

Dalam hal ini, setiap pemain yang aktif berlari selama 90 menit lebih secara efektif dapat membakar kalori dalam tubuh. Melalui latihan ini, lemak-lemak tubuh diperas menjadi massa otot yang lebih kuat, terutama bagian betis dan perut.

Dengan begitu, bukan hanya mampu menurunkan berat badan, permainan sepak bola juga dapat membantu setiap pemain untuk mendapatkan postur dan bentuk tubuh yang ideal. Bagi Anda yang sedang berencana untuk menurunkan berat badan dan membentuk badan, jenis permainan ini bisa Anda lakukan dengan rutin.

5 dari 5 halaman

Itulah beberapa tujuan utama permainan sepak bola. Dapat dipahami, bahwa permainan sepak bola dapat membantu setiap pemain untuk mengembangkan tanggung jawab, kerja sama antar pemain yang baik, hingga melatih komunikasi dan kekompakan dalam tim.

Lebih dari itu, permainan sepak bola juga mempunyai tujuan baik untuk mendapatkan kesehatan, kebugaran, dan meningkatkan daya tahan tubuh menjadi lebih baik.

[ayi]

Let's block ads! (Why?)



"sepak" - Google Berita
July 15, 2020 at 08:15PM
https://ift.tt/2Or9AeX

4 Tujuan Utama Permainan Sepak Bola, Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab - merdeka.com
"sepak" - Google Berita
https://ift.tt/2SP8xJg
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "4 Tujuan Utama Permainan Sepak Bola, Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab - merdeka.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.